MATERI PJOK TEKNIK DASAR LANGKAH KAKI BULU TANGKIS

MATERI PJOK TEKNIK DASAR LANGKAH KAKI BULU TANGKIS


TEKNIK DASAR BULUTANGKIS

A. Teknik Mengatur Langkah Kaki
Manusia bergerak di atas kedua kakinya, kemana kaki bergerak ke situlah tubuh akan terbawa dengan arah langkah kaki tersebut. jika gerakan kaki lambat maka akan lambat pula tubuh bergerak, begitupun sebaliknya, jika suatu kaki salah dalam bergerak menentang hukum gerak maka distu akan kehilangan keseimbangan dan berakibat pada posisi yang salah bahkan terjatuh, kaki adalah gerakan utama dalam gerakan tubuh pada saat bermain bulu tangkis.
Penempatan posisi kaki yang kurang baik akan berakibat pada kualitas pukulan juga mempersulit pengembalian posisi pada pukulan berikutnya. kesalahan pukulan pertama akan berakibat pada pukulan berikutnya, secara umum teknik pengaturan langkah kaki dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu :
1. Langkah Jingkit
2. Langkah Napak
Langkah jingkit adalah pemain yang bergerak di atas kedua ujung kaki dimana tumit bagian belakang sedikit terangkat ke atas. Penempatan posisi kaki yang semacam ini menyebabkan gerakan yang lebih lincah dan cepat,berbeda dengan langkah napak dalam keadaannya digunakan saat keadaan tertentu saja.



GERAKAN LANGKAH KAKI
Langkah kaki merupakan modal pokok untuk dapat memukul bola dengan baik dan tepat. langkah kaki ringan dan luwes akan memudahkan seseorang dalam bergerak ke tempat dimana bola akan jatuh.


1. Langkah berurutan, baik langkah ke depan, samping maupun ke belakang. kaki kanan dan kiri bergerak berurutan atau berdampingan


2. Langkah bergantian atau bersilang, kaki kanan dan kaki kiri bergantian melangkah





3. Langkah lebar dengan loncatan, satu atau dua kaki langkah kecil dan diakhiri dengan langkah lebar dengan jalan atau meloncat.

B. Melangkah menuju bola
Dalam hal ini unsur antisipasi dan reaksi memegang peran yang penting. pengaturan langkah menuju bola dapat berantakan manakala antisipasi atau reaksi salah dan terlambat.pergerakan kaki dan tubuh dengan langkah sedikit dan diatur sesuai dengan jarak antara badan dan bola sehingga langkah terakhir kita dapat berada pada posisi yang tepat umtuk memukul bola.

C.Posisi kaki pada saat memukul
Bagaimana posisi kaki dalam memukul tergantung pada apa yang akan kita lakukan, yang terpenting keharmonisan gerakan dengan koordinasi mata tangan kaki dapat terjaga keseimbangannya baik sebelum memukul atau sesudah memukul bola. disamping itu posisi kaki stelah melakukan pukulan harus dengan keadaan rileks, kaki jangan dihentakkan ke lantai terlalu keras , jika melakukan pukulan dengan cara meloncat maka jatuhkanlah kaki dengan sikap mengeper pada ujung kaki.





(Posisi gerakan langkahan kaki yang keliru maka akan menyebabkan terjadinya cedera)


















0 Comments: