MATERI PJOK TEKNIK DASAR MEMEGANG RAKET BULUTANGKIS

MATERI PJOK TEKNIK DASAR MEMEGANG RAKET BULUTANGKIS

 BULUTANGKIS

Bulutangkis merupakan jenis permainan olahraga bola kecil yang dapat dimainkan secara perorang atau ganda. untuk dapat melakukan permainan bulutangkis dengan baik, maka seorang pemain harus menguasai dan memahami teknik dasar dari memegang raket dengan baik dan benar serta dapat melakukan pukulan terhadap shuttlecook (bola bulutangkis).

Bulutangkis merupakan cabang olahraga yang digemari oleh masyarakat di indonesia jenis cabang permainan ini termasuk dalam katagori permainan bola kecil. permainan bola kecil melalui bulutangkis ini dapat dimainkan di lapangan kecil dengan ukuran minimal panjang 13 x lebar 6 meter. Permainan ini setiap pemainnya berusaha untuk dapat mempertahankan agar bola tidak jatuh ke daerah sendiri dan berusaha untuk menjatuhkan bola ke daerah permainan lawan untuk mendapatkan skor.

CARA MEMEGANG RAKAT

1. Amerika Grip

Gaya ini di Indonesia juga dikenal dengan 'gebuk kasur' karena cara pegangnya cukup kaku dan seperti ketika orang memegang penggebuk kasur. namun pegangan ini seringkali menghasilkan pukulan yang tidak dapat diduga arahnya dengan daun raket yang menghadap lurus ke muka si pemukul sehingga dapat dengan mudah diarahkan kekiri atau kanan sisi lawan.

Caranya yaitu: 

-Letakkan raket di lantai. 

-Pegang pegangan raket dengan tangan kanan dari atas. 

-Angkat raket ke atas dan siap dipakai untuk memukul kok. 

Kelebihan pegangan ini ialah kuat untuk pukulan overhead yang keras dan jarang kok mengenai kepala raket. Namun pegangan ini tidak akan nyaman jika digunakan untuk memukul kok di arah kiri dan Anda akan kesulitan memindahkan pegangan menjadi backhand.

2. Forehand

Berbeda dengan cara amerika grip dimana ibu jari menempel pada bidang tangkai raket yang paling kecil dan saling berdekatan dengan jari telunjuk sehingga bisa di katakan mirip saat kita melakukan jabat tangan. Pegangan handshake-forehand ini adalah yang umum digunakan. Begini caranya jika kalian menggunakan tangan kanan.

-Pegang raket dengan tangan kanan seperti berjabatan tangan. 

-Pegang kepala raket dengan tangan kiri. 

-Putar kepala raket ke arah kiri sebesar 1/12. 

Inilah posisi pegangan handshake forehand. Pegangan handshake-forehand siap untuk memukul kok.

3. Pegangan Backhand

Pegangan handshake-backhand ini digunakan ketika bola mengarah ke bagian kiri Anda (jika Anda menggunakan tangan kanan).

-Pegang raket dengan tangan kanan seperti berjabatan tangan.

-Pegang kepala raket dengan tangan kiri.

-Putar kepala raket ke arah kanan sebesar 1/12.

-Posisi ibu jari berada di pegangan raket kemudian kunci posisi ibu jari seperti menekan sesuatu di pegangan raket tersebut

Inilah posisi pegangan handshake-backhand.Bedanya dengan forehand ialah ibu jari lurus ke atas dan turun di bagian kiri atas tangan miring dari pegangan yang tidak dibungkus di sekitarnya. Posisi ibu jari ini bisa memberikan tambahan tenaga pada pukulan backhand. Posisi forehand dan backhand ini sering kali harus bergantian secara cepat sesuai arah datangnya kok.




0 Comments: